Nekat Mengusir Tawon Vespa Dengan Perlengkapan Seadanya, 3 Petugas Damkar Menjadi Korban

Kabar Daerah

banner iklan 468x60

Bangkalan, Suluhnusantaranews. Tawon Vespa atau biasa disebut tawon ndas (kepala), salah satu jenis serangga berbisa yang habitatnya dekat dengan manusia. Bisa sengatannya pada manusia bisa menimbulkan rasa panas yang luar biasa.

Di komplek perumahan ASDP Desa Kamal, kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, serangan tawon vespa menelan korban petugas pemadam kebakaran setempat. Berawal laporan masyarakat pada Sabtu (4/2/2023) sekitar pukul 16.00 WIB yang meminta bantuan petugas pemadam kebakaran setempat untuk menghalau serangga yang bersarang di pohon dekat pemukiman warga.

Petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bangkalan datang hanya bermodalkan hati nurani yang nekat untuk memenuhi panggilan laporan masyarakat terhadap kejadian- kejadian yang membahayakan orang banyak.

3 orang personil Damkar datang dan segera mendekat ke sarang tawon vespa. 2 orang petugas mengenakan pakaian pelindung, sedangkan satu orang berpakaian petugas Damkar biasa.

Tanpa diduga segerombolan tawon merasa terusik dan menyerang 3 orang petugas Damkar yang berada di bawah pohon, tempat sarang tawon Vespa. Sodik Johan Wahyudi sebagai Danton, Taufan Nasrullah dan Ilahi Robbi S dengan panik melarikan diri setelah mendapat serangan serangga yang membabi buta di sekitar kepala mereka bertiga.

 

Terlihat dari rekaman video amatir dari warga setempat, ketiga petugas Damkar terlihat lari menyelamatkan diri dari amukan serangan tawon Vespa.

Ketiga orang petugas Damkar tersebut segera dilarikan ke Rumah Sakit Syamrabu, Bangkalan untuk mendapatkan pertolongan medis. Salah seorang petugas bernama Taufan mengalami serangan paling parah dan sempat pingsan di lokasi kejadian.

Tawon Vespa beberapa bulan ini sedang marak berkembang di wilayah Bangkalan bagian selatan yaitu di kecamatan Socah ,Kamal dan Bangkalan. Kepada pihak terkait dan petugas penanganan diharapkan segera turun ke lokasi untuk memindahkan sarang tawon Vespa dengan menggunakan peralatan yang memadai agar justru tidak menjadi korban keganasan serangga tersebut.

***

Reporter Suluhnusantaranews Bangkalan

Mohammad Hosen

banner 120x600

Tinggalkan Balasan