Pertengahan Ramadhan, Pj Bupati Pati Pantau Harga Kepokmas

Pj Bupati dengan sejumlah dinas terkait melakukan pantauan harga barang kebutuhan pokok masyarakat di Pasar Puri Baru dan Pasar Sleko Pati, Kamis (6/4).

Pati.suluhnusantaranews.com – Mendekati Idulfitri 2023/1444 H, Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro bersama Dinas Perdagangan dan Perindustrian dan sejumlah dinas terkait lainnya melakukan pantauan harga barang kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) di dua lokasi, yaitu Pasar Puri Baru serta Pasar Sleko, Kamis (6/4/2023).

Memasuki pertengahan bulan ramadhan ini, PJ Bupati melakukan pemantauan dalam rangka memastikan ketersediaan berbagai barang kepokmas pada hari raya Idul Fitri mendatang. Sejumlah barang kepokmas yang dipantau mulai dari beras, daging sapi, daging ayam, telur, bawang merah, bawang putih secara keseluruhan tidak ada permasalahan dan cenderung masih dalam batas wajar.

“Apalagi harga telur ini cenderung turun. Tadi saya lihat rata – rata harganya 25 ribuan, per kilogramnya. Secara keseluruhan kita cek ketersediaan di Pasar Sleko dan Pasar Puri ini tidak ada masalah”, ujarnya.

Oleh karena itu, Henggar menilai bahwa dari sejumlah kebutuhan yang telah ia pantau, ketersediaan di wilayah Kabupaten Pati cenderung aman serta harganya masih dalam batas normal. “Dengan kondisi ini, semoga nanti dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat pada momen hari raya Idul Fitri. Secara keseluruhan tidak ada masalah, harganya masih sangat stabil”, tegasnya.

Untuk daging sapi pun, menurut Henggar masih dalam batas wajar, yaitu 125.000 per kg. Pihaknya pun telah memprediksikan daging sapi akan mengalami lonjakan harga kisaran 5000 – 10.000 saat Idul Fitri nanti. “Kalau kebutuhan yang lain ¬†belum tentu mengalami kenaikan signifikan”, tandasnya.

Sementara, Kepala Disdagperin Pati Hadi Santosa menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan pantauan ketersediaan dan harga kepokmas sejak 1 bulan terakhir hingga pertengahan Ramadhan kali ini. “Terdapat kebutuhan yang mengalami kenaikan harga secara fluktuatif seperti aneka macam cabai dan bawang,” terangnya. (Tim SN/Pati)

Tinggalkan Balasan