Pilkades Desa Karangsari Telah Usai, Saatnya Kembali Merajut Kebersamaan

Kabar Daerah

Suluhnusantaranews//Malang. Pemilihan Kepala desa serentak 56 di Kabupaten malang telah selesai diselenggarakan oleh panitia. Terlepas bahwa pesta demokrasi tingkat desa sukses terselenggara, namun ada dinamika yang menyertainya, terutama soal kalah -menang.

Pesta demokrasi tingkat desa atau Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Karangsari telah usai,banyaknya pendukung dari 3 paslon memadati kantor balai desa Karangsari,calon petahana tumbang dari hasil rekapitulasi hasil perhitungan Minggu (14/5/2023) malam ini, lapor aman, lancar dan tertib.

Uniknya, Calon Kepala Desa incumbent atau petahana, justru tumbang. Proses tranparansi dan kedewasaan masyarakat dalam menentukan pilihannya, menjadi faktor penting terciptanya iklim Pilkades yang demokrasi.

Dalam perhelatan pemilihan Kades Kecamatan Bantur Khususnya Desa Karangsari wajah lama yang tumbang adalah Mochamad Sodiq Al H Fauzan selaku Kades Karangsari.

Dari hasil rekapitulasi perolehan suara itu, nama H Fauzan nomor urut 1 hanya meraih 1953 suara. Sementara rival barunya atas nama Deni nomor urut 2 meraih 2416 suara. Sementara Samsul nomor urut 3 meraih 1316 suara.

Sementara sang pemangku wilayah Bantur, Bayu Jatmiko STP, mengingatkan masyarakat desa karangsari untuk selalu menjaga silaturahmi jangan sampai perbedaan pilihan dalam pilkades terus berlanjut dalam kondisi terkotak -kotak pasca perhelatan pilkades.”jelasnya

“Prinsip demokrasi yang langsung umum,bebas dan rahasia itu jangan sampai dilukai karena sikap individu atau kelompok ,sehingga dapat memicu munculnya kontroversi yang berujung pada perkelahian yang bisa mengancam stabilitas desa dan daerahnya”,kata suwondo koramil 0818.

Pasca pilkades desa karangsari aman dan terkendali jajaran TNI Polri diterjunkan mengantisipasi dari hal -hal yang kurang baik.
Sekarang pilkades sudah usai, siapapun kades terpilih itu pemimpin bersama. Mari kita jaga bersama menjaga kerukunan karena perbedaan adalah hal yang biasa dan tidak harus bermusuhan demi terciptanya kecamatan Bantur yang damai dan sangat kita cintai” ucap kapolsek yang ramah dan smart.

***(eddysuluhnusantara)